Informasi Umum

Secara umum Provinsi Kalimantan Timur memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah mulai dari hasil hutan, minyak & gas, batubara, dan emas. Sehingga banyak terdapat perusahaan tambang dan merupakan populasi alat berat terbesar di Indonesia. Kondisi ini menyebabkan kebutuhan akan tenaga Ahli Madya dalam bidang alat berat sangat banyak. Secara khusus, Kota Balikpapan memiliki fasilitas Bandara Internasional dan Pelabuhan Laut Internasional yang mampu disinggahi kapal-kapal besar berbendera asing, sehingga menjadikan Kota Balikpapan sebagai salah satu pusat bisnis area Kalimantan Timur, bahkan di wilayah Kalimantan.

Dengan pertimbangan tersebut maka Pemerintah Kota Balikpapan mendirikan Politeknik Balikpapan (Poltekba) dengan memiliki Program Studi Teknik Mesin Alat Berat di Kota Balikpapan. Program Studi Teknik Mesin Alat Berat telah mendapatkan Akreditasi B pada Tahun 2010 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Program Studi Mesin Alat Berat melaksanakan perkuliahan secara multi kampus, yakni di Kampus Politeknik Negeri Balikpapan dan SMK Negeri 1 Balikpapan.

Fasilitas yang telah dimiliki Program Studi Teknik Mesin Alat Berat di Kampus Politeknik Negeri Balikpapan adalah Laboratorium Mekanika Fluida & Hidrolik, dan Laboratorium Desain. Program Studi Teknik Mesin Alat Berat telah mulai menggunakan gedung baru yaitu Workshop Alat Berat.

Peluang Karir

Berdasarkan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan, maka peluang karir sebagian besar lulusan dapat bekerja di industri sebagai Technical Instructor, Technical Officer, Quality Assurance, Planning and Production Control, Part Analyst, dan Environment Health, and Safety Officer.

Kompetensi

Technical Instructor (memiliki kompetensi dasar antara lain technical heavy equipment, product performance, dan analisa teknik).

Technical Officer (memiliki kompetensi dasar antara lain technical heavy equipment, product performance, analisa teknik & kerusakan, dan technical reports).

Quality Assurance (memiliki kompetensi dasar antara lain technical heavy equipment, product performance, analisa teknik & kerusakan, dan technical reports).

Planning & Production Control (memiliki kompetensi dasar antara lain technical heavy equipment, technical reports, maintenance planning, dan mesin-mesin produksi).

Parts Analyst (memiliki kompetensi dasar antara lain heavy equipment, dan manajemen bengkel (parts inventory, stocking dan warehouse management)).

Environment Health & Safety (memiliki kompetensi dasar antara lain K3 dan Lingkungan Hidup, ISO, dan evacuation management).

Jaringan Industri

Pertambangan Minyak dan Gas Bumi seperti PT Pertamina, PT Thiess, PT. Kaltim Prima Coal, Schlumberger, PT. MEDCO. Perusahaan Mesin Alat Berat seperti Thiess, PT. United Tractors, Tbk., BUMA, PT. MTU, PT. Indo Truck, PT. Dharma Henwa, PT Eka Dharma, PT. Petrosea, PT. Alun, Caltex, PT Haneagle.